Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ayam bekisar untuk kontes suara

ayam bekisar untuk kontes suara

Ayam bekisar untuk lomba kontes suara, mengenal sedikit tentang hewan unggas ini, ayam bekisar adalah hasil perkawinan ayam hutan jantan atau dalam bahasa Latin Gallus varius dan ayam kampung buras betina Gallus gallus domesticus.

Ada tiga jenis ayam bekisar, yakni jenis Gallus violaceus dengan jengger bergerigi bagus dan berukuran sedang atau biasa dengan warna bulu ungu dan permukaan yang halus.

Yang kedua yakni Gallus temminckii yang memiliki jengger bergerigi enam dan berwarna biru, untuk warna bulu mengkilap merah dan merah kecoklatan.

Dan yang ketiga yakni
Gallus aenus yang berjengger dan bergerigi delapan, untuk warna bulu pada lapisan atas kuning emas.

Ciri khusus ayam bekisar


Ukuran Ayam bekisar lebih kecil dari ayam kampung jantan, karena ia hasil persilangan antara dua jenis yang berbeda, biasanya mandul atau tidak bisa dikembang biakkan.

Namun tidak semuanya mandul, ada juga ayam bekisar jantan atau betina yang dikawinkan dengan ayam kampung menghasilkan beberapa keturunan.

Ayam bekisar mempunyai ciri-ciri khusus dan yang paling menonjol adalah bentuk dari bulu leher yang ujungnya bulat atau lonjong bukan lancip.

Bentuk yang mirip sekali dengan bekisar adalah hasil silangan bekisar dengan ayam kampung yang dinamakan ayam bekikuk. Bentuk dan posturnya sama, hanya bulu lehernya yang berbeda. Ayam bekisar adalah hewan khas Pulau Kangean Indonesia.

Kontes suara


Setiap daerah memiliki cara perawatan yang berbeda terhadap bekisar, bekisar itu perlu juga mandi tanah. Kenapa mesti begitu, dan berikut ini uraian tata cara merawat bekisar untuk kontes suara.

Pada pagi hari, sehabis digantang, bekisar diberi minum sedikit, kira-kira 1 sendok makan. Barulah pada pukul 16.00 17.00 bekisar diberi makan sekenyangnya dan minum sepuasnya.

Setelah bekisar puas, tempat pakan dan air minumnya diangkat dari sangkar. Dengan begitu, bekisar akan terbiasa tidak makan pagi, tembolok bersih dari sisa pakan sore hari, dan siap untuk kontes suara di arena lomba di pagi berikutnya.

Makanan ayam bekisar


Makanan utama bekisar berupa campuran jagung yang kecil-kecil, beras ketan hitam dan gabah. Ada pula yang memberinya tambahan ramuan telur dengan rempah-rempah temu kunci.

Sebelum diberikan, jagung kecil, ketan hitam, dan gabah itu dicuci terlebih dahulu, kemudian baru dicampur.

Selain makanan utama itu, perlu seminggu sekali bekisar diberi pakan tambahan berupa tauge dan sedikit buah pepaya untuk membantu melancarkan pencernaannya.

Mandi tanah


Setelah digantang, ayam bekisar yang akan dipersiapkan untuk lomba kontes suara harus dirawat secara khusus sejak umur 8 bulan. Setiap hari harus dibiasakan dan dijemur di bawah sinar matahari pagi, antara pukul 08.00 10.00, menggunakan sangkar yang biasa digunakan dalam kontes perlombaan suara.

Dua kali seminggu menjelang kontes, bekisar disemprot halus dengan air. Tidak perlu sampai basah kuyup, sekadar agar bekisar terangsang untuk membersihkan kutu yang menempel.

Selesai digantang, bekisar diberi ke sempatan untuk kipu (mandi tanah atau mandi pasir). Maksudnya untuk menghilangkan kutu di tubuhnya dan memadamkan birahinya.

Selain itu, kipu juga memberi kesempatan pada bekisar untuk ngasin, memakan pasir, kerikil, atau remukan batu bata yang bisa membantu pencernaan.

Mengurangi birahi


Pada umur 1-1,5 tahun, bekisar mulai dewasa dan timbul birahinya. Nafsu birahi itu harus dikurangi dengan cara mengawinkannya.

Cara lainnya, dengan "pijatan", untuk mengeluarkan spermanya. Dengan begitu, pada saat kontes suara ia tidak selalu birahi, misalnya menggoda lawannya, sehingga tidak memikirkan suara berkokok nya lagi, kalau pun mau berkokok, biasanya suara standar yang sudah dimilikinya suara depan, suara tengah dan suara akhir salah satu akan hilang.

Perawatan lainnya


Untuk menjaga kesehatannya, bekisar perlu diberi vitamin dan mineral 2 minggu sekali, dan setiap 2 bulan sekali diberi obat cacing.

Setiap 2 hari sekali, kotorannya juga perlu dibersihkan. Bekisar bisa ditaruh di lantai ataupun di atas tanah asalkan tempat itu jauh dari kumpulan ayam lain dan bebas nyamuk.

Bekisar masih memiliki naluri liar dan sangat sensitif terhadap suasana baru, sehingga selalu perlu waktu penyesuaian dulu, untuk itu, 2 hingga 3 hari sebelum lomba, bekisar sudah harus dibawa ke arena kontes suara dan digantang di sana dalam rangka penyesuaian ini.

Dengan begitu, ia tidak akan gelisah pada saat kontes suara berlangsung. Kalau ayam bekisar itu sudah sering bertanding, ia akan lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Semuanya-id.blogspot.com


Post a Comment for "ayam bekisar untuk kontes suara "