Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara membuat blog dengan blogspot

cara membuat blog dengan blogspot

Cara membuat blog dengan mudah untuk pemula. Blogger merupakan platform buat menyalurkan hobi menulis atau untuk keperluan yang lain dan yang tersedia secara gratis.

Platform Blog ini dirilis pertama kali pada tahun 1999 oleh Pyra Labs. Kemudian pada tahun 2003, Blogger diakuisisi oleh Google.

Tak cuma integrasi layanan yang membuat Blogger banyak dipakai dan disukai banyak orang. Dan berikut adalah alasan mengapa membuat blog di blogspot jadi pilihan banyak orang.

Akun Terintegrasi


Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan pihak Google. Sehingga tak perlu ribet-ribet ketika membuat blog di blogger. Tinggal melakukan sign-in secara otomatis dengan akun Gmail, selesai.

Blogspot tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan file. Untuk web hosting, nama yang digunakan akan otomatis mendapatkan subdomain yaitu blogspot.com. Untuk memori penyimpanan, Google juga menyediakan kapasitas ruang sebesar 15 giga.

Keamanan


Sebagai platform yang dikelola oleh Google, aspek keamanan Blogger sudah sangat terjamin.

Tapi perlu berhati-hati saat menggunakan tema dari penyedia pihak ketiga. Ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko keamanan. Contoh, mungkin tema dari pihak ketiga ada kode kode tertentu yang mengarah ke link link yang tidak diinginkan.

Cara Membuat Blogspot


Membuat blogspot dengan mudah, langsung mengakses website Blogger di https://www.blogger.com/ Ketika website sudah menampilkan halamannya, tekan atau klik tombol Buatlah blog Anda (Create Your Blog)

Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk masuk atau (login) ke akun Gmail. Ini cara termudah untuk membuat akun Blogspot. Langsung masukkan nama pengguna (username) dan kata sandi (password) untuk melanjutkan.

Setelah login ke google,
perlu melakukan konfirmasi profil blog. Isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang dipilih untuk ditampilkan. Kemudian klik Lanjutkan ke Blogger.

Pengaturan blogger
Setelah selesai langkah diatas, akan muncul halaman Selamat Datang.

Membuat Akun Blogspot


Membuat akun blogspot
Untuk melanjutkan membuat blog, klik tombol Membuat baru atau Create New.

Pada bagian judul (Title) masukkan judul blog yang ingin di kembangkan. Judul ini akan muncul di halaman depan blog.

Lalu di bagian alamat (Address), masukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat blog, contoh namamu atau Alamat ini otomatis akan diikuti dengan ekstensi .blogspot.com.
Namamu.blogspot.com. Contoh https://semuanya-id.blogspot.com.

Di bagian tema (Theme) silakan pilih tema yang ingin digunakan pada blog. Pilih yang telah disediakan atau pasang tema dari pihak ketiga. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah semuanya diisi, klik buatlah blog (Create blog) dan selanjutnya Anda sudah mempunyai halaman blogspot sendiri.

Membuat post atau halaman


Membuat blog saja tentu tidaklah cukup. Agar blog bisa berfungsi dengan optimal, Anda perlu mengisinya dengan berbagai konten.

Untuk membuat postingan, cukup klik menu Post dan pilih tombol post baru (New post) dan mulai tulis sesuai keinginan, sebisa mungkin hindari kata kata atau tulisan yang dilarang, misal yang mengandung unsur sara, ujaran kebencian dll.

Cara selanjutnya membuat post untuk halaman, Anda tinggal klik menu halaman (Pages) dan klik tombol halaman baru (New page).

Sekilas post blogger dan pages diatas nampak sama. Akan tetapi, Post dan Pages punya fungsi yang sangat berbeda.

Post adalah konten yang mengisi halaman-halaman utama tersebut atau untuk menampilkan postingan atau artikel yang umum, sedangkan pages dipakai untuk menampilkan halaman-halaman penting di blog. Halaman ini sering kali berwujud kategori atau informasi seperti contact, about us, privacy, Disclaimer dll.

Kalau di perhatikan, satu-satunya yang membedakan halaman Post dan pages ialah pengaturan di sebelah kanan halaman.

Untuk halaman post, pilihan atau daftar isi yang tercantum di sebelah kanan lebih beragam. Tepatnya, ada lima opsi yang tersedia. Kelima opsi yang dimaksud ialah labels, schedule, permalink, location, dan option (sama persis dengan opsi di pages).

Sedangkan di bagian pages, Anda akan temukan tiga opsi pengaturan untuk komentar, compose mode, dan line breaks.

Mengatur tampilan blog


Kunci tampilan Blogger yang bagus ada pada tema. Berikut kami tunjukkan cara membuat blog di blogspot yang sangat menarik.

Klik tema (Theme) pada pilihan menu di sebelah kiri. Nantinya Anda akan disuguhi berbagai pilihan tema yang dapat pasang.

Pilih salah satu tema yang ingin dipasang. Dan akan muncul cuplikan singkat Untuk di install, tinggal klik tombol Apply.

Jika menginginkan pengaturan lebih lanjut, Anda tinggal klik tombol Customize.

Kustomisasi Tema Blogger


Di halaman Customize, Anda bisa mengatur tampilan tema dengan lebih lengkap. Ada tiga pilihan kustomisasi yang bisa Anda manfaatkan di sini.

Pertama, pilihan latar belakang (Background). Pilihan ini memungkinkan untuk mengubah background tema dengan pilihan gambar yang tersedia. Anda juga dapat mengubah pallete warna tema dengan memilih paket warna yang telah disediakan.

Kedua, pilihan Advanced. Anda boleh mengubah warna dan jenis font pada banyak elemen tema. Mulai dari body, blog title, tabs, posts, sharing, blockquotes, pictures, sidebar, search bar, dan attribution. Anda juga bisa mengatur lebar tampilan dan menambahkan CSS yang diinginkan.

Ketiga, bagian Gadgets. Anda bisa mengatur tampilan dan fungsi elemen-elemen di blog. Contoh tombol Follow me by email (subscribe), pages, blog archive, labels, featured post, popular post, header, search, dan report abuse.

Mengatur layout Blog


Pengaturan tampilan tak berhenti saat memasang atau menginstall tema saja. Di Blogger, Anda bisa turut mengatur layout atau susunan elemen di blog. Untuk melakukannya, Anda perlu klik tombol Layout di menu.

Untuk melakukan konfigurasi di tiap elemen, tinggal klik tombol bergambar pena. Tombol tersebut akan memunculkan pop-up di mana Anda bisa melakukan konfigurasi.

Beberapa elemen, terutama Gadget, dapat pula disusun sesuai keinginan anda. Anda dapat melakukannya dengan klik dan tarik (drag and drop) di tempat yang Anda mau.

Untuk melihat tampilan sebelum disimpan, Anda bisa klik tombol pratinjau (Preview). Kalau sudah mantap dan sesuai yang diinginkan, jangan lupa simpan konfigurasi yang Anda buat dengan klik tombol simpan pengaturan (Save arrangement).

Pengaturan lebih lengkap


Ada baiknya untuk mengeksplor lebih dalam ke bagian pengaturan. Sebab, bagian ini memuat konfigurasi yang tak terbatas pada tampilan saja. Akan tetapi juga fungsi dari keamanan, SEO, dll.

Di dalam Dashboard Blogger, terdapat tujuh submenu pada bagian pengaturan. Ketujuh submenu tersebut, yaitu dasar (basic) posting, komentar, dan berbagi, (post, comments and sharing) email, bahasa dan pemformatan (language and formatting) preferensi pencarian search (preferences)
lainnya (other) dan pengaturan pengguna dan (user settings).


  • Penjelasan masing-masing submenu di bawah ini:


1. Basic, submenu ini memuat empat opsi pengaturan. Pertama, dasar yang memuat judul dan deskripsi atau penjelasan singkat tentang blog Anda, Juga settingan privasi, agar blog tampil di direktori Blogger dan mesin pencari.

2. Bagian publishing untuk mengatur URL blog. Bagian ini juga sangat penting yang akan Anda butuhkan ketika ingin menghubungkan blog pada domain.

3. Pilihan HTTPS. Opsi ini memastikan blog Anda memiliki sertifikat keamanan. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal pilih Yes pada bagian tersebut. Https sangat direkomendasikan oleh mesin pencari.

4. Bagian permissions. Bagian ini mengatur siapa saja yang berhak menjadi admin blog atau pemilik blog, Anda juga dapat mengatur siapa saja yang berhak mendapatkan akses untuk membaca blog. Pribadi atau publik.

Posts, comments, and sharing
Pilihan ini mengatur dua elemen utama di blog.

Pertama, posts. Pilihan ini mengatur berapa banyak jumlah post yang ingin ditampilkan. Selain itu, bagaimana post ditampilkan juga diatur di bagian ini.

Kedua, comments. Pilihan yang satu ini lebih banyak dibandingkan pilihan sebelumnya. Anda boleh mengatur bentuk (comments section) siapa yang boleh meninggalkan komentar, comments moderation, verifikasi komentar, serta tambahan pesan untuk kolom komentar.


Email.
Blogger memperbolehkan Anda mempublikasikan konten via email. Di bagian ini, pengaturan untuk itu bisa diaktifkan. Anda juga menambahkan email untuk mendapatkan notifikasi komentar atau mengirimkan konten terbaru.


Bahasa dan Pemformatan.
Pada bagian language, Anda bisa mengatur bahasa yang digunakan di blog, banyak pilihan bahasa disana. Ada juga fitur transliterasi (proses alih aksara dari satu bahasa agar bisa dibaca) yang bisa diaktifkan.

Selebihnya terdapat pengaturan zona waktu dan format penulisan tanggal. Untuk zona waktu sesuaikan wilayah anda.

Search Preferences.
Kolom bagian yang satu ini berkaitan erat dengan SEO. Anda dapat melakukan konfigurasi untuk meta description, errors and redirection, crawlers and indexing, serta monetization
(meta description) sangat penting untuk dirayapi mesin pencari.

Other.
Pilihan ini memuat konfigurasi yang berkaitan dengan konten. Tepatnya soal import dan export konten, RSS feed, notifikasi konten dewasa, dan pengaturan Google Analytics.

User settings.
Terakhir ialah user settings. Anda bisa mengatur segala hal yang berkaitan dengan akun Blogger. Mulai dari identitas, privasi, foto profil, dan informasi lainnya.

Cara Menambahkan Domain Pada Blog


Menambahkan domain adalah cara praktis agar blog kelihatan profesional.
Pertama, masuk ke halaman Dashboard akun Blogspot. Kemudian arahkan ke menu Settings & Basic. Cari pilihan Publishing dan klik pada teks + Set up a third-party URL for your blog.

Pada halaman selanjutnya Anda akan diminta alamat domain baru yang ingin kamu digunakan. Masukkan nama domain yang sudah Anda beli sebelumnya. Kemudian klik simpan.

Langkah pertama Anda akan mendapatkan pesan Error, abaikan saja dan catat baik-baik CNAME yang diberikan.

Keterangan:


CNAME 1: www ghs.google.com
CNAME 2: 5jxzkzdmlt2y gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com
Simpan CNAME ini untuk dimasukkan ke dalam manajemen DNS pada domain anda.

Selanjutnya Anda perlu memasukkan CNAME Blogspot ke dalam manajemen DNS domain. Anda harus masuk ke dalam member area penyedia layanan domain.

Pada Dashboard member area, masuk ke dalam pengaturan domain. Arahkan navigasi ke Nameserver. Pada bagian Nameserver menggunakan nameserver default supaya dapat melakukan custom DNS management.

Anda dapat melihat daftar nameserver default pada halaman DNS Management. Jangan lupa klik Update.

Selanjutnya masuk ke dalam halaman DNS Management, Custom Blogspot untuk menambahkan CNAME yang sebelumnya sudah anda dapatkan dari halaman Blogspot.

Sub Domain: 5jxzkzdmlt2y (CNAME 2)
Hostname: gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com (CNAME 2)
Catatan: Anda cukup memasukkan CNAME 2 saja. CNAME 2 biasanya berbeda-beda setiap blog. Pastikan memasukkan CNAME yang sama dengan yang diberikan.

Setelah dimasukkan, klik Save changes. Maka secara otomatis sistem akan melakukan generate pengaturan dan menerapkannya pada domain baru anda.

Catatan

Anda perlu menunggu proses propagasi domain terlebih dahulu, kurang lebih sekitar 2 x 24 jam. Jika tidak ada masalah, maka dapatmelanjutkan pada langkah terakhir yaitu penyimpanan konfigurasi.

Sebelum melakukan langkah terakhir, domain yang sudah terhubung dengan Blogger biasanya akan menampilkan halaman pesan kesalahan.

Agar dapat menampilkan halaman blog yang sudah dibuat dengan benar, masuk Akses menu Setting klik dasar, kemudian cari opsi Publishing dan centang bagian kotak yang telah disediakan.

Jangan lupa klik simpan untuk menyimpan konfigurasi. Dan blog sudah bisa diakses melalui alamat domain pilihan anda.


Kesimpulan


Blogger dari Google merupakan pilihan tepat bagi yang menginginkan platform yang praktis, simpel dan mudah digunakan.

Semuanya-id.blogspot.com


Post a Comment for "cara membuat blog dengan blogspot "